KBS batalkan penampilan JYJ secara sepihak, C-Jes ambil langkah hukum

23 Jul

Bulan Mei lalu, JYJ ditunjuk menjadi duta kehormatan untuk Pulau Jeju, sebagai finalis dari ‘New Seven Wonders‘. KBS berencana untuk mengadakan sebuah acara spesial untuk membantu promosi pulau Jeju agar terpilih dalam voting ‘New 7 wonders’  tersebut. Namun mendadak, KBS membatalkanpenampilan JYJ dalam acara “KBS Special Live Broadcast Wishing Jeju To Become One of the 7 Wonders” ini. Pembatalan sepihak oleh KBS ini pun berbuntut panjang.

Hari ini, C-JeS Entertainment telah merilis pernyataan soal pembatalan sepihak itu dan akan mengambil langkah hukum. Dalam pernyataan resmi tersebut, C-JeS Entertainment menginformasikan perihal posisi mereka terkait situasi antara JYJ (Kim Jaejoong, Park Yoochun, Kim Junsu) dan tayangan spesial KBS ‘The New Seven Wonders‘.

Pada 26 April, C-JeS Entertainment menerima penawaran dari perwakilan Pulau Jeju untuk membuat JYJ sebagai duta resmi untuk usaha Pulau Jeju supaya dikenal sebagai satu dari Tujuh Keajaiban Dunia baru. Jika tawaran itu diambil, JYJ harus ambil bagian dalam upacara pelantikan dan memulai promosi, namun karena JYJ sedang melakukan tur dunia saat itu, C-JeS Entertainment menolak tawaran mereka dengan hormat.

Tetapi, perwakilan pulau tersebut mengatakan bahwa upacara pelantikan akan berlangsung bulan Juli dengan siaran spesial, dan ditujukan untuk memulainya dengan promosi saja, jadi JYJ –sebagai artis Korea dan brand nasional- menerima peran penting untuk menyebarkan informasi soal Pulau Jeju pada dunia. Penyataan resmi pers dirilis pada 4 Mei dan JYJ segera memulai promosinya ketika tur dunia dan berpartisipasi dalam video untuk mendukung vote via telepon dan online. Pemerintah Pulau Jeju mengirimkan surat pada bulan Mei, berterima kasih pada JYJ karena mempromosikan mereka. Acara spesial direncanakan tanggal 20 Juli dan JYJ dijadwalkan untuk tampil 2 kali dan berpartisipasi dalam pelantikan resmi sebagai duta.

Ternyata pada 16 Juli, C-JeS Entertainment menerima pembatalan sepihak untuk penampilan JYJ, dengan alasan tidak jelas, “Jika JYJ tampil, keseluruhan acara mungkin tidak terjadi” Padahal mereka telah mendapatkan tiket pesawat dan menerima ‘cue sheet’. Tambahan lagi, Jaejoong dan Yoochun yang sedang sibuk syuting drama, sudah mengatur ulang jadwal mereka untuk bisa tampil di acara ini. JYJ pun tidak bisa menyembunyikan kekecewaan mereka.

Pada 17 Juli, perwakilan KBS Jeju mengungkapkan pada MyDaily, bahwa penampilan JYJ du acara spesial “New Seven Wonders“ dibatalkan karena SNSD dan f(x), yang dikatakan merupakan tamu asli untuk acara ini, dipandang lebih efektif.

“Awalnya dulu, rencana penampilan SNSD dan f(x) sudah diajukan namun gugur karena jadwal grup tidak memungkinkan. Namun di tahap akhir, penampilan mereka jadi mungkin, Mempertimbangkan kewajiban budaya stasiun kami untuk memperkenalkan berbagai macam bintang pada masyarakat, kami mempertimbangkan mana yang lebih efektif. Kami ekspresikan permohonan maaf kami pada perwakilan JYJ. Spring Summer Fall Winter akan tetap tampil seperti yang direncanakan. Bagaimanapun, artis lainnya, seperti SNSD, f(x), dan penyanyi opera juga dijadwalkan tampil.“

Meskipun KBS Jeju bilang sudah minta maaf, C-JeS Entertainment belum menerima permintaan maaf resmi, hanya ada pemberitahuan pembatalan sepihak. C-JeS Entertainment percaya stasiun tv memiliki hak untuk memutuskan penampil untuk siaran mereka. Namun mengingat bahwa acara ini ialah untuk mempromosikan Pulau Jeju sebagai salah satu dari Tujuh keajaiban dunia, dan karena ada upacara pelantikan yang direncanakan untuk JYJ sebagai duta resmi mereka, C-JeS Entertainment mencari respon resmi dari pihak Pulau Jeju dan juga KBS dalam masalah ini.

Sementara itu, perwakilan dari penyelenggara acara, pemerintah daerah Pulau jeju mengungkapkan, “Kami tidak tahu soal ini. Dengan kemampuan dan otoritas apa kami mampu memilih artis? Ini adalah sesuatu yang diselenggarakan oleh KBS Jeju. Papan pesan pemerintah daerah kami dibanjiri komentar terkait acara ini. Bagaimanapun, ini bukan sesuatu yang kami lakukan.”

Pihak pemerintah daerah juga berbagi kekhawatiran mereka dengan kemungkinan efek negatif dari isu ini terhadap proses pemilihan Pulau Jeju Island sebagai ‘New Seven Wonders’. Fans yang mendengar berita ini tentu merasa kecewa sebab penampilan JYJ di layar kaca merupakan sesuatu yang dinantikan semenjak kasus hukum itu, Alasan yang tidak masuk akal dari KBS membuat kecewa banyak pihak. Isu adanya tekanan pihak luar pada KBS memang belum terbukti, namun dengan adanya SNSD dan f(x) sebagai pengganti JYJ seolah mendukung isu tersebut.

Selain itu, fans dengan semangat berpartisipasi untuk memilih Pulau Jeju karena rencana penampilan JYJ. Fans internasional juga menunjukkan dedikasi mereka dengan berpartisipasi dan faktanya, ada fans yang datang dari Jepang untuk melihat JYJ tampil di tanggal 20 Juli. C-JeS Entertainment meminta maaf pada fans JYJ yang menjadi kecewa atas kejadian tidak disangka ini. JYJ akan mendukung usaha Pulau Jeju, terlepas dari situasi saat ini. Sebagian yang merasa kecewa memutuskan untuk tidak mendukung Pulau Jeju, namun melalui akun twitternya Jaejoong mengatakan,

Meskipun ada rintangan menghalangi kami untuk mempromosikan keajaiban alami bangsa ini, aku akan mempromosikannya seoramg diri.” Dan” Jika 100.000 orang men-tweet satu foto Pulau Jeju, setidaknya ada 20 juta orang yang akan terekspose akan ini kan.”

Tak hanya itu, Jaejoong juga mengganti avatarnya dengan foto Pulau Jeju dan memposting 2 foto Pulau Jeju.

Tanggal 17 Juli, ia juga menulis seperti ini di akun twitternya,

“Saya tidak percaya bahwa Komite Deklarasi 7 Keajaiban Alam Dunia memilih lokasi indah di dunia sebagai sarana publisitas untuk keuntungan dan kerugian dari suatu bangsa tertentu. Menemukan hal-hal indah di dunia adalah “kebahagiaan” yang semua orang di dunia berbagi. Bukankah tujuan memilih keajaiban alam ini adalah untuk menjaga mereka untuk waktu yang lama?”

Ia pun menambahkan, “Tapi jika ada kondisi yang rumit yang ada di luar arti ini, maka kemudahan .. bagi setiap orang untuk menemukan kebahagiaan bukanlah jalan yang mulus.”

Tersentuh dengan kalimat jaejoong, banyak fans yang turut mengganti avatar mereka dengan gambar pulau Jeju dan turut menyerukan #JejuwithJYJ sebagai protes atas ketidakadilan yang terjadi.

Selain itu, C-JeS Entertainment akan melaporkan fakta bahwa penampilan JYJ dibatalkan 4 hari sebelum acara ini, kepada Fair Trade Commission, dan akan mengambil langkah hukum untuk menyelesaikan masalah ini. Terakhir, masalah hukum JYJ terkait kontrak tidak adil antara mereka dengan perusahaan sebelumnya, dan tidak ada hubungannya dengan isu sosial atau moral. Pengadilan juga telah memutuskan bahwa JYJ diperbolehkan untuk berpromosi sebagai artis dengan bebas.

 

Source: Star News via Nate, OSEN via Nate News , My Daily , mediajeju, headlinejeju

Via allkpop, jyj3, dbsknight, dongbangdata

re-written by mellymilley@koreanindo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: