Ironi Si Pembangun Stadion Sarang Burung

7 Nov

new newsPemerintah China, mungkin, sudah lupa jasa-jasa Ai Weiwei. Padahal, sosok seniman kondang ini menjadi salah satu pembangun Stadion Sarang Burung di Beijing. Stadion ini menjadi salah satu lokasi Olimpiade Beijing. ”Saya sekarang menjadi tahanan rumah,” begitu Weiwei mengatakan kepada AP pada Sabtu (6/11/2010).
Menurut Weiwei, pemicu yang menjadikan dirinya sebagai tahanan rumah lantaran Pemerintah China ingin mencegahnya menggelar peringatan pembongkaran paksa studio barunya di Shanghai.
Awalnya dia diajak untuk membangun studio senilai 1,1 juta dollar AS, tetapi kemudian sebuah laporan menyatakan tempat itu ilegal dan akan dihancurkan.
Ia lahir di Beijing pada tahun 1957, dan merupakan seniman yang berperan penting dalam seni kontemporer China selama dua dekade terakhir. Tak hanya itu, ia sering menyuarakan masalah HAM di negara itu.
Sepuluh penumpang
Ai Weiwei berencana untuk membuat peringatan di studionya di Shanghai pada Minggu (7/11/2010). Akan tetapi, Jumat lalu, menurut dia, seseorang petugas yang memakai baju polisi melarangnya pergi ke Shanghai.
Sebuah mobil van tanpa pelat nomor yang berisi sepuluh penumpang laki-laki menutup pintu keluar rumah seniman ini di Beijing, tambah dia. “Saya menjadi tahanan rumah untuk mencegah saya pergi ke Shanghai. Anda tidak dapat menentang pemerintah,” kata Ai Weiwei.
Dalam pesan di akun Twitter-nya, Ai Weiwei mengatakan, dirinya menjadi tahanan rumah sampai minggu tengah malam. “Tolong terima permintaan maaf saya yang mendalam,” tulisnya di Twitter yang ditujukan kepada tamu undangan di Shanghai.
Dia mengatakan, sejumlah orang tetap akan datang ke studionya.
Ai Weiwei mengatakan berencana akan menghidangkan kepiting sungai dalam acara tersebut. Disebutkan, kepiting dipilih karena dalam bahasa China, sungai asal kepiting ini berbunyi seperti ‘harmonisasi’, sebagai sindiran untuk Pemerintah China yang sering menyebutkan kata harmonisasi untuk melakukan sensor.
Ilegal
Shanghai telah melakukan penghentian sementara pembangunan gedung besar selama enam bulan dan membongkar proyek selama pameran, untuk meningkatkan kualitas udara.
“Studio Weiwei tidak memenuhi prosedur, dan itu adalah bangunan ilegal,” kata Direktur Departemen Konstruksi Kota Malu.
Ai Weiwei terakhir kali menggelar pameran di London’s Tate Modern yang memamerkan instalasi raksasa yang terbuat dari ratusan ribu replika biji bunga matahari yang sangat kecil.
Biji bunga matahari merupakan makanan kecil yang sangat digemari di China, tetapi memiliki arti lain bagi seniman ini.
Selama revolusi budaya, gambar-gambar propaganda menunjukkan Ketua Mao sebagai matahari dan masyarakat sebagai bunga matahari mengelilinginya.
“Biji merupakan sebuah benda di rumah tangga, tetapi juga merupakan simbol orang yang revolusioner,” kata Ai Weiwei tentang karyanya.
sumber:kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: