Pembajakan Produk Distro Dan Clothing Luar Biasa

21 Mar

distroPembajakan produk distro dan clothing di Jawa Barat dianggap sudah luar biasa. Maraknya pembajakan membuat sebagian konsumen memilih produk palsu. Bahkan, beberapa pengusaha distro ditawari untuk memasarkan produk palsu hasil bajakan busana buatan mereka sendiri.

Pemilik Distro Airplane dan Ralij Clothing, Fiki Chikara Satari di Bandung, Minggu (21/3/2010), mengatakan, ia pernah kedatangan calon konsumen dari Batam dan meminta potongan harga untuk pembelian dalam jumlah besar. Jika potongan harga tak sesuai keinginan pembeli itu, ia akan membeli produk bajakan.

“Saya juga pernah ditawari produk bajakan. Padahal, produk yang dibajak itu aslinya buatan saya. Harga produk distro asli mulai Rp 50.000 per potong,” katanya. Di Bandung, terdapat sekitar 1.200 usaha distro dan clothing. Setiap bulan, sekitar 2.000 desain baju, celana, dan sepatu dikeluarkan.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Jabar Ferry Sofwan mengatakan, pelaku distro disarankan untuk membuat desain busana dengan masa pakai singkat. Desain baru perlu terus dikeluarkan , sebaiknya setiap satu bulan sekali. Langkah itu diperlukan agar konsumen menganggap desain produk bajakan tidak baru lagi.

“Saya belum menerima laporan tentang tingkat keparahan pembajakan. Meski demikian, saya amati memang sering ditemukan kemiripan antardesain produk,” katanya.

sumber:kompas

2 Responses to “Pembajakan Produk Distro Dan Clothing Luar Biasa”

  1. Hans April 2, 2010 at 8 : 30 #

    waduwh..Kosong ni…
    Aq isi ya…

  2. Hans April 22, 2010 at 8 : 30 #

    ….
    Numpang lewattt….^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: