Balikpapan Gelar Festival Layang-layang

19 Feb

layanganBALIKPAPAN- Para pelayang dari 15 negara mengikuti festival layang-layang pada tanggal 19-21 Februari, di Pantai Segara Sari Manggar Balikpapan yang bertajuk, Borneo International Kite Festival.

Festival layang-layang ini yang dilaksanakan di kawasan Pantai Segara Sari Manggar Balikpapan, Jumat (19/2/2010) dibuka Wakil Walikota Balikpapan, Rizal Effendi.

Usai membuka acara, Rizal langsung melakukan penerbangan layang-layang berbentuk barongan yang diikuti pula oleh pelayang dari negara-negara lain seperti Amerika Serikat dan Australia.

“Saat ini sudah ada 15 negara yang datang untuk mengikuti event festival layang-layang yang bertaraf internasional,” kata Ketua Panitia Borneo International Kite Festival, Alan Salahudin.

Alan sebelumnya optimis bahwa para pelayang yang mengikuti festival yang bertaraf internasional berasal dari 42 negara, ternyata tidak sesuai dengan target yang diharapkan.

“Namun kita optimis untuk pecahkan rekor guiness book of the record, yang selama ini baru tercipta di Jalur Gaza Palestina tahun 2006 dengan jumlah 3710 layang-layang,” katanya.

Guna mewujudkan itu, panitia akan mengerahkan ribuan pelajar dan pegawai untuk ikut serta memainkan layang-layang sebagai upaya pula mengkampanyekan masalah pemanasan global (global warming) bagi anak-anak dan masyarakat.

Layang-layang tersebut akan diterbangkan secara bersamaan di kawasan pantai yang salah satu andalan obyek wisata alam di Balikpapan.

“Kegiatan ini sekaligus untuk mengkampanyekan dampak pemanasan global mengingat anak-anak adalah yang merasakan langsung iklim global saat mereka bermain layang-layang,” tambah Alan.

Festival layang-layang Internasional dihadiri pula Ketua Asosiasi layang-layang Amerika, Serikat, David Gomberg, anggota tim layang-layang nasional Australia Kevin Sanders serta anggota tim layang-layang nasional Jerman Ralf Marseiki.

Festival ini juga nantinya akan dibuat prangko prima untuk dilelang yang hasilnya akan disumbangkan untuk pemeliharaan konservasi Hutan Lindung Sungai Wain bekerjasama dengan PT Pos Indonesia.
sumber :kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: